Sabtu, 25 Februari 2023

Quality Control Product, Perlukah ?

Dikutip dari topkarir.com quality control adalah Salah satu bagian dari manajemen produksi yang memiliki peran dan juga aturan hukum tertentu dalam pengontrolan pada proses pengemasan hingga mengeluarkan produk-produk tersebut untuk dapat dipasarkan dengan menjamin kualitas dari produk tersebut.

Alhamdulillah, Dalam bulan ini Februari 2023 ini, lembaga penerbitan buku (Ciptapublishing) yg saya kelola 2x mengalimi kesalahan besar berkaitan dengan produk buku yg kita cetak. Kejadian ini saya sykuri sebagai bagian dari pengalaman dan peringatan kedepan.

Kronologinya seperti ini.

Pertama, yaitu kesalahan input QR code pada sampul belalakang buku dengan jumlah cetak 200 eks. Buku ini merupakan pesanan dari client u/ mencetak buku Khusus kalangan internal kampus. Karena buku terbatas untuk internal, maka tidak bisa diterbitkan menggunakan ISBN. Solusinya kita gunakan QRCBN. Yaitu QR Code tertentu yg memuat data dan informasi buku yg dicetak. Nah, pada buku ini, saya salah membrikan QR Code kepada tim desain sampul. Kesalahan itu baru kita ketahui karena komplain dari client. Jadi setelah buku selesai dicetak dan diikirim ke client, saat Code di scan yg muncul malah identitas bukan lain. Akhirnya kita harus mengganti sampul buku tersebut dan membayar ganti rugi biaya kirim, biaya bongkar dan binding ulang.

Kedua, Salah pada penulisan judul dibagian punggung buku. Seperti buku bacaan pada umumnya, setiap buku kami selalu menyertakan judul dan (kalau memungkinkan) nama penulis di bagian punggung buku. Pada kasus ini, tim desain sampul lupa mengganti teks pada punggung buku sesuai dengan judul dikafer, juga pada bagian katagori buku di kafer belakang. Kasus ini baru ketahuan setelah buku selesai dicetak semua dan siap dikirim ke pelanggan. So, kita harus cetak ulang dan menanggung ongkos cetak, deadline pengerjaan jadi molor juga.


Dari kejadian diatas, jadi paham betapa penting Tim quality control terhadap keberlangsungan bisnis kita. Bayangkan jika dalam 1 bulan ada 2 kesalahan seperti yg saya alami karena tidak maksimalnya proses Quality control produk. Berapa kerugian yg kita alami. Tentu selain biaya yg tambaj besar pengerjaannya jadi berlipat ganda. Kepercayaan client akan berkurang. Jika kepercayaan pelanggan menurun maka perlahan performa perusahaan juga menurun.



Bismillah, Semoga Allah melancarkan semua urusan kita.

Related Posts:

  • Mencari Sesuatu 4 (Dilema Dua Arah)Masih tentang usaha Foto Copy (Cipta Print) saya yg jalan ditempat. Awal tahun kemarin memang secara terbuka saya nyatakan untuk dijual. Jadi, saya bikinlah foto dan keterangan dijual atau oper kontrak usaha foto copy. B… Read More
  • Jangan menyerah karena setiap orang pasti gagalJangan menyerah sebelum berusaha, jangan berhenti melangkah sebelum lelah, maka anda akan sampai ketempat tujuan anda.Hadup adalah perjuangan, mereka yang tidak pernah berjuang tidak akan pernah tahu terhadap pentingnya kehid… Read More
  • Tamasya Keluarga PertamaSudah lama saya dan istri pengen bisa makan masakan rumah di alam terbuka, apalagi saat cuaca panas seperti saat ini, pasti nikmat sekali jika mboto dan gelar tikar di alama terbuka, Istilahnya orang orang tamasya. Qadru… Read More
  • 2 Event Bonsar 2023Akhir tahun ini rasanya spesial bangets bagi saya dan keluarga besar Warkop Bonsar. Setelah sukses menggelar event Kompetisi Game Mobil Legend yg dilaksanakan pada 25 Novemeber 2023, tanggal 1 sd 11 Desember kita adakan bazar… Read More
  • Air Radiatorku AbisKarena setiap mesin kendaraan roda 4 (Mobil) pasti terdapat bagian ini, temen” yg punya (pernah punya) kendaraan roda 4 pasti tahu apa itu Air Radiator.  Air radiator memiliki peran penting dalam menjaga suhu mesin … Read More

0 comments:

Posting Komentar