Sabtu, 25 Februari 2023

Quality Control Product, Perlukah ?

Dikutip dari topkarir.com quality control adalah Salah satu bagian dari manajemen produksi yang memiliki peran dan juga aturan hukum tertentu dalam pengontrolan pada proses pengemasan hingga mengeluarkan produk-produk tersebut untuk dapat dipasarkan dengan menjamin kualitas dari produk tersebut.

Alhamdulillah, Dalam bulan ini Februari 2023 ini, lembaga penerbitan buku (Ciptapublishing) yg saya kelola 2x mengalimi kesalahan besar berkaitan dengan produk buku yg kita cetak. Kejadian ini saya sykuri sebagai bagian dari pengalaman dan peringatan kedepan.

Kronologinya seperti ini.

Pertama, yaitu kesalahan input QR code pada sampul belalakang buku dengan jumlah cetak 200 eks. Buku ini merupakan pesanan dari client u/ mencetak buku Khusus kalangan internal kampus. Karena buku terbatas untuk internal, maka tidak bisa diterbitkan menggunakan ISBN. Solusinya kita gunakan QRCBN. Yaitu QR Code tertentu yg memuat data dan informasi buku yg dicetak. Nah, pada buku ini, saya salah membrikan QR Code kepada tim desain sampul. Kesalahan itu baru kita ketahui karena komplain dari client. Jadi setelah buku selesai dicetak dan diikirim ke client, saat Code di scan yg muncul malah identitas bukan lain. Akhirnya kita harus mengganti sampul buku tersebut dan membayar ganti rugi biaya kirim, biaya bongkar dan binding ulang.

Kedua, Salah pada penulisan judul dibagian punggung buku. Seperti buku bacaan pada umumnya, setiap buku kami selalu menyertakan judul dan (kalau memungkinkan) nama penulis di bagian punggung buku. Pada kasus ini, tim desain sampul lupa mengganti teks pada punggung buku sesuai dengan judul dikafer, juga pada bagian katagori buku di kafer belakang. Kasus ini baru ketahuan setelah buku selesai dicetak semua dan siap dikirim ke pelanggan. So, kita harus cetak ulang dan menanggung ongkos cetak, deadline pengerjaan jadi molor juga.


Dari kejadian diatas, jadi paham betapa penting Tim quality control terhadap keberlangsungan bisnis kita. Bayangkan jika dalam 1 bulan ada 2 kesalahan seperti yg saya alami karena tidak maksimalnya proses Quality control produk. Berapa kerugian yg kita alami. Tentu selain biaya yg tambaj besar pengerjaannya jadi berlipat ganda. Kepercayaan client akan berkurang. Jika kepercayaan pelanggan menurun maka perlahan performa perusahaan juga menurun.



Bismillah, Semoga Allah melancarkan semua urusan kita.

0 comments:

Posting Komentar