Jumat, 21 April 2017

proposal laundry



 


Proposal Bisnis Jasa Laundry & Dryclean














 










Oleh: Mas Surya

Dibuat Guna Diajukan Untuk Mendapat Dana Bantuan Operasional Pendirian Usaha Jasa Laundry & Dryclean















I
PENDAHULUAN
Melihat menjamurnya usaha laundry yang banyak dipilih sebagai usaha yang memiliki prospek yang sangat bagus, sehingga mendorong kami untuk mendirikan usaha yang sama yaitu usaha jasa laundry & dry cleaning karena dirasa bagus untuk di jadikan usaha yang menguntungkan sehingga menambah  pendapatan.
Perkembangan jaman semakin maju dan teknologi semakin canggih serta banyaknya kesibukan, akan permintaan yang bersifat praktis dan efesien akan waktu dan biaya, sehingga menjadikan usaha jasa laundry ini menjadi solusi bagi mereka yang memiliki kesibukan beraktivitas diluar rumah tetapi tak terbebani dengan pekerjaan rumah seperti mencuci, cukup mudah dengan biaya murah.
Banyaknya usaha laundry yang ada dan diminati masyarakat, serta mendapatkan keuntungan yang bagus jadi kami berniat melakukan usaha dengan modal investasi sehingga menambah  pendapatan keluarga. Seiring dengan peningkatan kebutuhan tersebut maka kami Mentari Laundry g hadir untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dengan harga yang kompetitif.
Sebagai bahan pertimbangan dibawah ini akan kami paparkan dengan lebih detail company profile dan jasa-jasa yang dapat kami berikan.

A.    Profile Usaha: usaha laundry yang akan kami dirikan akan sebagai berikut.
Nama         : Mentari Laundry
Alamat          : jln Jemurwonosari Gg 1A No 1 Surabaya,
Telpon          : 087849508811/085104047705
Email             : suryamd96@gmail.com
B.     Jenis Usaha: pendirian usaha jasa Laundry & Dry Cleaning dengan nama “Mentari Laundry”
Yaitu usaha yg bergerak dalam bidang jasa laundry dan dryclean:
1.            Pakaian
2.            Hard cover
3.            Boneka
4.            Dll
C.     Status Usaha: Usaha yang akan saya jalankan adalah pendirian usaha baru dalam bidang jasa laundry & dry cleaning.
D.    Peluang Usaha: Usaha jasa Laundry yang akan saya dirikan adalah di bidang jasa yang menawarkan jasa mencuci pakaian. Alasan saya dalam memilih usaha jasa laundry saya dasarkan atas pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut;
1.      Memanfaatkan gaya hidup malas mencuci di perkotaan (surabaya)
2.      Perubahan gaya hidup  dan tuntutan kesibukan, banyak mahasiswa, karyawan, dan ibu rumah tangga, yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka, dan menyerahkannya pada usaha laundry kiloan.
3.      Kondisi cuaca saat ini yang mengakibatkan pakaian sering lebih mudah menjadi kotor, bahkan dimusim penghujan, dengan mencuci manual pasti akan sulit menjadi kering, oleh karenanya banyak yang menyerahkan pakaian kotor mereka ke laundry-laundry.
4.      Trend mencuci di laundry sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan.
E.     Tujuan Usaha :
Tujuan dari didirikankanya usaha jasa laundry ini adalah:
1.      Memanfaatkan peluang yang dapat menghasilkan uang.
2.      Melatih jiwa berwirausaha dikalangan mahasiswa.
3.      Untuk memperoleh penghasilan yang dapat saya gunakan untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.
4.      Untuk meringankan beban orang tua membiayai pendidikan saya melanjutkan S2.

II
METODE PELAKSANAAN

A.    Produk :  
Produk usaha ini adalah jasa laundry, yaitu jasa pencucian pakaian, bedcover, boneka, dll.
B.     Proses Produksi (Pencucian Pakaian):
Pencucian pakaian dilakukan dengan proses sebagai berikut:
1.      Pakaian kotor dipilah dan dikelompokkan sesuai dengan pemiliknya.
2.      Pakaian dibungkus dan ditimbang beratnya.
3.      Pakaian dicuci dengan menggunakan mesin pencuci pakaian.
4.      Setelah pakaian dicuci bersih, pakaian dikeringkan.
5.      Setelah pakaian kering, pakaian kemudian disetrika.
6.      Pakaian yang telah rapih dikemas dan siap dikembalikan ke pelanggan.


C.     Pemasaran :
Segmen pasar yang dibidik untuk sementara waktu dua tahun kedepan adalah masyarakat di sekitar daerah wonocolo dan atau lingkungan kampus UIN Sunan Ampel Surabaya. Diperkirakan dengan jumlah mahasiswa ± 10.000 orang di tambah jumah warga sekitar dengan tingkat konsumtif yang sangat tinggi, diperkirakan 20% atau 2.500 jiwa akan menggunakan jasa laundry ini. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan cara memasang pengumuman melalui brosur dan papan nama didepan lokasi laundry, serta dengan menawarkan paket-paket menarik yang berbeda dari laundry-laundry yang lain. Dengan asumsi pakaian yang dilaundrykan 2 kg/pelanggan. dan setiap harinya pelanggan yang datang adalah 1,5 % dari total pelanggan yaitu 2.000 jiwa, maka dapat diperkirakan setiap harinya akan ada 60 Kg cucian pakaian.
D.    Kelebihan Produk:
·         Laundry 5 kali cucian, gratis 1 kg cucian.
·         Paket laundry (Biasa)
Lama pencucian 2 hari
Biaya Rp. 3.500,-/kg
·         Paket laundry (Kilat)
Lama pencucian ½ hari
Biaya Rp. 4.500,-/kg
·         Tersedia fasilitas antar jemput cucian.
·         Proses pencucian terpisah masing-masing pelanggan.
·         Hasil cucian bersih, wangi, rapih, suci, dan siap pakai.
E.     Tempat Produksi :
Perencanaan tempat produksi akan dilakukan di kontrakan di Jemursari Gg 1A No 1 Surabaya.Tempat produksi cukup strategis karena berada di Gg lebar dan berdekatan dengan dua kampus yiatu Universitas Hang Tuah Surabaya dan Uin Sunan Ampel Surabaya dan area kos-kosan mahasiswa, karyawan serta masyarakat sekitar.
Luas tempat produksi yang disediakan adalah 200 meter persegi, yang terdiri dari: rumah untuk proses pencucian dan transaksi, dan lahan untuk menjemur pakaian.



 III
TARGET LUARAN

A.    Target produk :
Produk yang akan dihasilkan adalah jasa Loundry. Kualitas dari jasa laudry ini yaitu proses pencucian terpisah masing-masing pelanggan. Hasil cucian bersih, wangi, rapih, licin dan siap pakai.
B. Target konsumen :
                  Konsumen yang ditargetkan adalah usia remaja dengan jumlah target minimum rata-rata 900 orang perbulan atau 10.800 orangpertahun dengan asumsi cucian minimal 2kg per orang.
C. Target pendapatan :
                  Jumlah pendapatan yang ingin saya peroleh adalah Rp. Minimal 210.000,/hari- atau Rp 6.300.000/Bulan.

IV
RENCANA BIAYA
A.    Rencana biaya usaha :
Rencana rinician biaya usaha yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:
NO
Nama Barang
Jumlah
Harga satuan
Total Harga
1.
Mesin cuci
3 buah
Rp 3.000.000
Rp    9.000.000
2.
Setrika
3 buah
Rp 150.000
Rp       450.000
3.
Timbangan
1 buah
Rp  500.000
Rp       500.000
4.
Keranjang
10 buah
Rp   25.000
Rp       250.000
5.
Hanger
10 pak
Rp   15.000
Rp       150.000
6.
Tali tambang
100m
Rp.  1.000
Rp       100.000
7.
Kipas pengering
3 buah
Rp.  3.000
Rp       900.000
8
Sewa Tempat
1 Thn
Rp.  10.000.000
Rp     10.000.000

TOTAL


Rp. 21.350.000
1.            Kebutuhan awal semi permanent










2.            Kebutuhan bahan habis pakai per bulan
No
Nama Barang
Banyaknya
Harga Satuan
Jumlah
1
Detergen
20
Kg
Rp    15.000
Rp    300.000
2
Pelican Setrika
10
Botol
Rp    10.000
Rp    100.000
3
Plester
5
Buah
Rp    10.000
   Rp    50.000
4
Alat Tulis

-
-
   Rp    20.000
5
Tas Kresek
10
Bungkus
     Rp    5.000
   Rp    50.000
6
Listrik

-
-
Rp    100.000
7
PDAM

-
-
 Rp    100.000
8
Gaji Karyawan
      2
Orang
     Rp. 800.000
Rp.    1.600.000

TOTAL



Rp.    2.320.000

Total Anggaran: Dua Puluh Tiga Juta Enam Ratus Tujuh Puluh Tujuh Ribu Rupiah  (Rp. 23.670.000).

B.     Rancangan pengembangan & investasi: 
Keuntungan yang saya peroleh dari usaha adalah :
Uraian
Bulan 1
Bulan 2
Bulan 3
Hasil penjualan
 Rp.  6.300.000
 Rp. 7.000.000
 Rp. 7.500.000
Biaya operasional
 Rp.  2.320.000
 Rp.  2.320.000
 Rp.  2.320.000
Keuntungan
 Rp.  3.980.000
 Rp. 4.680.000
 Rp.   5.180.000

C.    Keuntungan tersebut akan digunakan untuk:
Pengembalian Modal 30%
Pengembangan Usaha
30%
Ditabung
40%

V
JADWAL PELAKSANAAN
Jadwal Pelaksanaan usaha dan tahap kebutuhan anggaran disusun sebagai berikut:
No
Pelaksanaa
Bulan
Ket
1
Penandatanganan kontrak tempat
-

2
Belanja barang-barang utama (mesin cuci, kipas angin, setrika, dll)
-

3
Instaasi dan Penataan tempat laundry
-

4
Belanja kebutuhan bulanan
-

5
Opening cerimony
-


 VI
ORGANISASI PELAKSANA
A. Personil : Personil pelaksana kegiatan usaha tersusun sebagai berikut:
No
Nama
Pendidikan/Keahlian
Deskripsi tugas
1
Suryadi
S1/sastra Inggris
Manajer
2
Hevni
D3/Teknik Elektro
Teknisi
3
Eko Musladin
SMA
Pegawai
4
Didit Ratnasari
SMA
Pegawai

B. Pendamping: Usaha jasa laundry & dryclean ini dalam menjalankan usahanya akan didampingi oleh:
No
Nama
Lembaga/Keahlian
Deskripsi tugas
1
Hermanto, S.I.kom
S1/Ilmu komunikasi
Mengarahkan dan mendampingi untk  pengembangan usaha
  
VII
POTENSI KHUSUS
Peluang Komersial: Sifat konsumtif masyarakat gombong yang tinggi sehingga sangat berpotensi pada produk JASA LAUNDRY. Di samping itu, lokasi dari Kinclong Laundry berada di area kampus, sangat berpotensi karena dengan kesibukan yang dilakukan oleh para mahasiswa.

Keunggulan

Kami yakin bahwa keunggulan dari pelayanan kami dapat menjadi pilihan terpercaya bagi Hotel xxxx dalam pengerjaan laundry & dry cleaning. Keunggulan kami antara lain:

  • Kami melayani pencucian dan setrika regular One Day Service juga pencucian Express maks 2 jam selesai.
  • Kami memberikan garansi pencucian jika hasil cucian kurang rapi dan atau kurang bersih akan kami proses kembali secara gratis dengan syarat & ketentuan.
  • Kami menawarkan jasa layanan pick up & delivery gratis.
  • Kami tidak mencampur pakaian dari vendor yang berbeda.
  • Kami melakukan pencucian mengacu pada washing table tips pada pakaian.
  • Mesin yang kami gunakan merupakan tekhnologi terbaru dikelasnya.
  • Kami menggunakan penyaringan air dari kotoran-kotoran yang bisa merusak warna baju.
  • Cucian hilang dan atau rusak akibat dari pihak laundry atau akibat proses cuci maka akan kami ganti 10 (sepuluh) kali dari ongkos cucinya dan atau sesuai dengan kondisi yang akan kami tempuh kemudian.
  • Hal-hal yang belum tertera dalam pelayanan ini, sangat kami terima masukan-masukan dari pelanggan bagi peningkatan kualitas pelayanan. kami akan selalu berusaha maksimal  demi tercapainya kepuasan costumer.
VII
PENUTUP
            Demikian proposal bisnis ini saya buat agar bisa digunakan sebagaimana mestinya untuk mendapat bantuan dana operasional bisnis jasa laundry & dryclean.

6 komentar:

  1. misi mau nanya ini cara dapat target konsumen yang jumlah target minimum rata-rata 900 ini dpt dari mana ya?

    BalasHapus
  2. Mau nanya itu cara dapatin target konsumen bisa jadi 900 itu darimana yaa? Terimakasi tolong bantu jawab yaaa

    BalasHapus
  3. Kalau mau cari target konsumen yang diatas bisa jadi 900 itu darimana yaa? Terimakasi tolong bantu jawab yaa

    BalasHapus
  4. Kalau mau cari target konsumen yang diatas bisa jadi 900 itu darimana yaa? Terimakasi tolong bantu jawab yaa

    BalasHapus