Selasa, 27 Juni 2023

Sekolah terbaik adalah Keluarga

 Salah satu Kewajiban utama orang tua bagi anaknya adalah memberikan pendidikan terbaik.


Nabi SAW bersabda: “Tidak ada pemberian seorang ayah untuk anaknya yang lebih utama dari pada (pendidikan) tata krama yang baik.” (HR At-Tirmidzi dan Al-Hakim)


Kita tahu bahwa keluarga adalah sekolah pertama bagi anak. Karena itu, peran pendidikan di lingkungan keluarga sangat dibutuhkan bagi anak sebagai bekal dasar untuknya bergaul diluar. Orang tua akan menjadi contoh bagi anak karena dia biasanya meniru apa saja yang dilakukan oleh orang tua. Karenanya, orang tua harus bisa menjadi good model dalam memberikan keteladanan dan kebiasaan sehari-hari bagi anaknya.


Sebagai orang tua saya dan istri sepakat untuk menjadi Guru pertama bagi naya. Tidak peduli seberapa kacaunya kita diluar rumah, di depan anak anak kita harus menjelma malaikat. Sejak dini naya kita kenalkan apa itu Nilai universal, hukum sebab akibat, Norma sosial, dll. Ketika dipukul sakit, kita ajari dia supaya tidak mudah memukul/menyakiti orang lain. Saat bermain kita Ajari dia supaya saling berbagi dan bertanggung jawab. Terhadap beberapa hal yg dia belum boleh lakukan kita juga menjelaskan dengan alasan kanapa tidak boleh. 


0 comments:

Posting Komentar