Sabtu, 22 April 2017

bahasa dan manusia (linguistic)



Hubungan Bahasa dan Manusia1

By: Surya_wijaya2

Di awal tulisan ini saya ingin mengutip salah satu hadits;“Barang siapa mempelajari bahasa suatu bangsa, maka dia akan selamat dari tipu daya mereka”.

orang memahami maksud daripada hadits ini bisa jadi bervariasi tergantung cara menafsirkannya dari sudut pandang apa dan bagaimana. tetapi bagi saya tujuan utama (Red; asbabul wurud) hadits ini adalah untuk mengenalkan kita terhadap urgensitas mempelajari dan memahami bahasa. fungsi bahasa bukan hanya menyelamatkan kita dari tipu daya orang lain, tapi yg paling mendasar Bahasa merupakan satu satunya system yang menjadi alat penyambung interaksi social, sebagaimana dinyatakan oleh Jean A (2007:146) Bahwa “manusia adalah mahluk social yang membutuhkan interaksi dengan yang lainnya”.
Dalam kamus bahasa indonesia dijelaskan bahwa bahasa adalah system lambang bunyi arbitrer yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi dan mengindetifikasikan diri. Adapun dalam kamus oxford: system komunikasi baik berupa ucapan atau tulisan yang digunakan oleh suatu masyarakat. Lebih lanjut Whardugh (2006:1)  menyatakan “language is what particular society speak”. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa bahasa merupakan alat komunikasi yang terdiri dari system yang complit dan teratur yang hanya digunakan oleh manusia. Posisi bahasa sebagai hal yang bersifat arbitrer menjadi penting dipahami bahwa binatang tidak bisa dikatakan menggunakan bahasa meskipun bisa mengucapkan suatu hal sebagaimana ucapan manusia. 
Disisi lain, arti kata “bahasa” tidak bisa disamakan dengan kata “komunikasi” yang berarti proses penyampaian informasi, atau dengan “tulisan” yang berarti bentuk ujaran dari suatu kata. Oleh karena itu, berkomunikasi dengan manusia maupun hewan bisa menggunakan cara apapun selain berbahasa, seperti ekpresi, tanda, atau gerakan tubuh.
Pernahkan kita menyadari, berapa jumlah kalimat (bahasa) yang kita ucapkan dalam 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, atau jika mungkin dalam 1 tahun ?. dalam satu hari mungkin ratusan atau bahkan ribuan kalimat yang tanpa disadari telah kita gunakan. Bagaimana dalam se- minggu/bulan/tahun berapa juta/milyar kalimat yang kita gunakan. Ini menunjukkan betapa penting bahasa bagi kehidupan manusia. Sebagaimana dinyatakan oleh Ramelan bahwa “bahasa dan manusia adalah dua komponen yang tidak dapat dipisahkan” (Ramelan,1992;25). Selain itu Jean A menyatakan “Tujuan manusia menggunakan bahasa adalah untuk mengatasi kebutuhan sehari harinya”.  Disisi lain, Holmes (2001:2) mengatakan bahwa “manusia menggunakan bahasa untuk menyampaikan dan menerima informasi”. Dari penjelasan ini dapat dikatakan bahwa bahasa merupakan bagian unsur terpenting dalam melanjutkan kehidupan social.



1.        Disampaikan dalam forum diskusi mingguan Indonesia belajar institute (IBI)
2.        Alumni Sastra Inggris UINSA, PMII UINSA


0 comments:

Posting Komentar